Daftar Statuta

  1. Sekolah Tinggi adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Triguna Utama yang berkedudukan di Kabupaten Pati Jawa Tengah.
  2. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang￾Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
  4. Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia.
  5. Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi.
  6. Sekolah Tinggi adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer atau yang disingkat STMIK Triguna Utama yaitu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program sarjana.
  7. Statuta STMIK Triguna Utama adalah pedoman dasar yang menyelenggarakan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk mencerdaskan, mengembangkan program dan menyelenggarakan kegiatan STMIK Triguna Utama, berisi dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan peraturan umum, peraturan akademik dan prosedur operasional yang berlaku di STMIK Triguna Utama.
  8. Yayasan adalah, Yayasan Safin Bina Bangsa yaitu badan hukum penyelenggara STMIK Triguna Utama. 
  9. Peraturan Yayasan adalah peraturan yang dikeluarkan oleh Yayasan Safin Bina Bangsa.
  10. Peraturan Sekolah Tinggi adalah peraturan yang dikeluarkan oleh pimpinan Sekolah Tinggi untuk menjalankan Statuta, setelah mendapat pertimbangan dari Senat Sekolah Tinggi.
  11. Peraturan Ketua adalah peraturan yang dikeluarkan oleh Ketua untuk menjalankan peraturan Sekolah Tinggi.
  12. Dewan Penyantun adalah Dewan konsultatif yang beranggotakan dari tokoh masyarakat yang membantu pengembangan, kemajuan dan ikut serta membina dan memecahkan permasalahan.
  13. Ketua adalah pemimpin dan penanggung jawab STMIK Triguna Utama.
  14. Pembantu Ketua adalah Dosen atau Tenaga Kependidikan tetap Yayasan yang diberi tugas membantu Ketua dan dianggap sebagai Pimpinan Sekolah Tinggi.
  15. Senat adalah badan normatif dan perwakilan tertinggi pada STMIK Triguna Utama.
  16. Sivitas Akademika adalah masyarakat akademik yang terdiri atas dosen dan mahasiswa yang berada di lingkungan STMIK Triguna Utama.
  17. Dosen adalah pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentranformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.
  18. Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di STMIK Triguna Utama.
  19. Program Studi adalah kesatuan kegiatan Pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi, dan/atau pendidikan vokasi. 
  20. Ketua Program Studi adalah Dosen Tetap Yayasan yang diberi tugas tambahan sebagai pemimpin dan penanggung jawab Program Studi.
  21. Pusat adalah unit-unut yang fokus pada kegiatan penunjang dari unsur Tridharma Perguruan Tinggi,
  22. Kepala Bagian adalah unit penunjang kegiatan administrasi akademik untuk mendukung kelancaran kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
  23. Kurikulum adalah merupakan seperangkat rencana dan peraturan mengenai tujuan,isi dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi.
  24. Alumni adalah mahasiswa yang telah tamat di STMIK Triguna Utama.
  25. Kebebasan akademik adalah kebebasan Sivitas Akademika dalam Pendidikan Tinggi untuk mendalami dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta bertanggung jawab melalui pelaksanaan Tridharma.
  26. Kebebasan mimbar akademik adalah merupakan wewenang professor dan/atau Dosen yang memiliki Otoritas dan wibawa ilmiah untuk menyatakan secara terbuka dan bertanggung jawab mengenai sesuatu yang berkenaan dengan rumpun ilmu dan cabang ilmunya.
  27. Otonomi keilmuan adalah merupakan otonomi Sivitas Akademika pada suatu cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dalam menemukan, mengembangkan, mengungkapkan, dan/atau mempertahankan kebenaran ilmiah menurut kaidah, metode keilmuan, dan budaya akademik.
  28. Tridharma Perguruan Tinggi adalah suatu kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  29. Standar Nasional Pendidikan Tinggi adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Penelitian, dan Standar Pengabdian kepada Masyarakat.
  30. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi komptensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan pekerjaan diberbagai sector.

 

Daftar Statuta Lengkap